Rabu, 27 Mei 2015

Tips Merawat Aki Mobil Mitsubishi Pajero Sports dengan Mudah



Baterai atau aki mobil memegang peranan yang sangat penting dalam mobil Mitsubishi Pajero sports kita. Aki berperan sebagai sumber listrik yang menyuplai energi ke beberapa komponen kelistrikan seperti lampu, klakson, AC, starter hingga system audio video. Saat aki tidak lagi dapat menyuplai listrik yang cukup, maka akan timbul berbagai masalah pada komponen-komponen tersebut. Untuk itulah, merawat aki atau baterai sangatlah penting untuk dilakukan, terutama pada mobil Mitsubishi Pajero Sports yang masih menggunakan aki basah.
Meski terlihat sulit, tetapi sebenarnya merawat aki adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Dengan perawatan yang benar, maka bukan hanya menjamin berbagai komponen kelistrikan bekerja maksimal tetapi juga akan memperpanjang umur aki itu sendiri yang juga berarti akan mengehemat banyak biaya. Untuk merawat aki mobil Mitsubishi Pajero Sports yang perlu kita lakukan hanyalah:
  1. Rawatlah Aki mobil Mitsubishi Pajero Sports anda dengan baik, dengan begitu aki bisa bertahan hingga 2 sampai 3 tahun. Saat jadwal penggantian sudah tiba, maka sebaiknya kita menggantinya dengan yang baru. Untuk mempermudah pemasangan, maka sebaiknya kita menggunakan aki baru yang spesifikasinya sama dengan yang lama.
  2. Mengecek beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan beban aki biasanya dilakukan sebulan sekali. Pengecekan bisa dilakukan di bengkel-bengkel terdekat. Dengan melakukannya, kita bisa mengetahui jika aki sudah tidak mampu lagi menyuplai listrik yang cukup kepada komponen-komponen kelistrikan.
  3. Memastikan ketersediaan dan merawat cadangan listrik pada aki. Langkah yang harus dilakukan cukup mudah yakni dengan mematikan semua komponen kelistrikan terlebih dahulu saat hendak mematikan mesin.
  4. Membersihkan aki secara rutin. Seringkali, terminal pada aki terkena debu atau kotoran. Jika hal itu dibiarkan, maka dampaknya penghantaran arus ke berbagai komponen terganggu. Untuk membersihkannya, kita bsa menggunakan baking soda yang sudah diencerkan dengan air. Sikat bagian terminal dengan sikat kawat atau sikat plastic yang kaku, lalu kencangkan.
  5. Periksa kekencangan kabel. Kabel aki yang tidak terikat dengan baik bisa mengganggu suplai listrik ke berbagai komponen.
  6. Secara berkala, periksa cairan elektrolit. Kita hendaknya memastikan bahwa cairan elektrolit cukup, saat kita menemukan tinggi cairan sudah mendekati batas Low, maka berarti kita harus segera menambahkannya.
  7. Saat kita menemukan level elektrolit sudah turun, maka kita harus menambahkan air distilasi. Namun kita harus berhati-hati karena jika terpercik bisa membahayakan.
  8. Jangan sampai kita mencharge aki terlalu lama, atau biasa disebut over-charging. Menyetrum atau mencharge aki terlalu lama justru akan membuat komponen-komponen di dalamnya rusak.
  9. Panaskan mobil Mitsubishi Pajero Sport anda secara rutin meski mobil jarang dipakai karena jika tidak bisa memperpendek usia aki.
  10. Pastikan aki berada di dudukannya dan terikat dengan kencang.
  11. Jika kita hendak meninggalkan mobil Mitsubishi Pajero Sport anda dalam jangka waktu yang relative lama, maka sebaiknya kita melepas terminal aki terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari aliran listrik yang terus-menerus padahal tidak terisi ulang. Akibatnya, aki bisa tekor.
Saat kita mengecek atau memperbaiki aki mobil Mitsubishi Pajero Sports, pastikan kita tidak sedang merokok karna  Aki mengandung bahan kimia yang mudah terbakar; saat terkena percikan api dari rokok, maka bisa berakibat terbakar. Jika kita ingin memiliki aki yang bebas perawatan, kita bisa menggunakan aki kering. Aki kering tidak mengharuskan kita untuk mengisi ulang elektrolit karena sudah diset secara otomatis. Namun, aki jenis ini memiliki kelemahan, yakni tidak dapat discharge ulang saat sudah mati.

Kembali ke beranda


Rabu, 01 April 2015

Presiden Direktur Baru PT KTB

Siap Membawa KTB Menjadi Perusahaan Otomotif Terbaik di Indonesia

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Authorized Distributor Kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) mengumumkan pergantian Presiden Direktur dari Mr. Noboru Tsuji kepada Mr. Hisashi Ishimaki. Pergantian pimpinan KTB ini efektif mulai hari Rabu, 1 April 2015.


Noboru Tsuji sukses memimpin KTB selama 3 tahun. Beliau mulai menjabat sebagai Presiden Direktur KTB sejak tahun 2012 dan telah berhasil memperkuat pangsa pasar Mitsubishi di segmen Commercial Vehicle melalui produk-produk andalan dari MFTBC.

Selama masa kepemimpinan beliau, KTB juga semakin fokus mengembangkan pasar Passenger Car untuk meningkatkan market share di segmen ini. Hal ini terbukti dari peluncuran beberapa produk andalan Mitsubishi di segmen Passenger Car, seperti Mitsubishi Mirage dan Mitsubishi Delica. Kepuasan pelanggan merupakan juga menjadi salah satu prestasi yang berhasil diraih dalam kepemimpinan beliau.

Hal ini terbukti dari diraihnya Sales Satisfaction Index No. 1 pada tahun 2013 dan Customer Service Index No. 1 pada tahun 2014 dari J.D. Power Asia Pacific. Penghargaan ini melengkapi 2 penghargaan Customer Service Index No. 1 sebelumnya yang sudah diraih oleh KTB pada tahun 2011 dan 2012. 

Sedangkan, Hisashi Ishimaki merupakan Presiden Direktur KTB yang baru yang menggantikan Noboru Tsuji, merupakan sosok yang tidak asing bagi keluarga besar KTB. Sebelumnya, beliau pernah bekerja di KTB pada tahun 2003 – 2006 dengan menempati posisi terakhir sebagai Senior Unit Head di Marketing Division.


Dalam pidato pertamanya di hadapan seluruh karyawan KTB, Hisashi Ishimaki mengatakan “saya merasa sangat terhormat menggantikan posisi Mr. Noboru Tsuji sebagai Presiden Direktur KTB yang telah sukses memimpin KTB selama 3 tahun. Saya menganggap bahwa masa itu merupakan tahun – tahun yang sangat sulit namun beliau tetap membuat banyak perubahan hebat dan kemajuan yang significant untuk bisnis KTB”.

Hisashi Ishimaki juga mengatakan akan membawa KTB ke arah perubahan yang lebih baik, dengan beberapa rancangan strategi baru, untuk bertahan dan memenangkan kompetisi, sehingga mampu
menjadikan KTB sebagai perusahaan otomotif terbaik di Indonesia.

Selain daripada Presiden Direktur baru, ada pula pengembangan dari sisi Marketing KTB dalam Mitsubishi Motors dan Mitsubishi Fuso dengan dilantiknya beberapa jabatan baru antara lain:
1. MMC Marketing Division: Bapak Irwan Kuncoro, akan menggantikan Bapak Duljatmono yang sudah dikenal oleh media massa, sebagai Operating General Manager – MMC Marketing Division – KTB
2. MFTBC Marketing Division: Bapak Duljatmono, akan ditugaskan untuk meningkatkan sales kendaraan niaga Mitsubishi Fuso dengan menjadi General Manager – MFTBC Marketing Division – KTB.

Dengan jabatan baru yang efektif per 1 April 2015, tentunya rekan-rekan media akan bertemu dengan wajah baru dan wajah lama di posisi baru, dalam kesempatan berikutnya. 

Selasa, 06 Januari 2015

Kredit Mitsubishi Mirage



Mitsubishi mirage merupakan kendaraan penumpang kategori hatchback dengan 5 seater yang didatangkan langsung secara utuh (CBU) dari  Thailand oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia.
Bobot kendaraan yang ringan tapi kuat karena menggunakan material high tensile ditambah bentuk yang aerodinamis dengan hambatan udara (COD) sebesar 0.30 membuat Mitsubishi  Mirage memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang ekonomis.
Mitsubishi Mirage dibekali mesin 1.200 cc 12 valve 3 silinder DOHC Mivec (3A92). Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 77 PS pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm. Mobil mungil ini memiliki dimensi panjang 3.710 mm, lebar 1.665 mm dan lebar 1.500 mm dengan wheelbase 2.450 mm
Easy & Fun to drive, Eco dan Convenience adalah konsep dasar produk dari Mitsubishi Mirage 
Untuk  pengguna mobil Mitsubishi Mirage yang menginginkan tampilan mobilnya menjadi lebih sporti, kini tidak perlu khawatir lagi, karna PT Dwindo Berlian Samjaya selaku dealer Mitsubishi resmi terbesar di Jabodetabek yang berlokasi di Bintaro Sektor VII, Tangerang Selatan Banten menyediakan berbagai accessories Mitsubishi Mirage yang dibutuhkan, dan pengguna mobil bisa langsung datang ke Mitsubishi Bintaro untuk melakukan pemesanan berikut pemasangannya.
Mitsubishi Bintaro atau PT Dwindo Berlian Samjaya yang berlokasi dekat dengan jakarta selatan juga memberikan kemudahan kepada para pelanggannya untuk memeiliki mobil mitsubishi idamannya dengan berbagai kemudahan proses pembelian mulai dari pemberian secara Cash/Tunai, kredit dan tukar tambah serta down payment yang bisa disesuaikan  dengan budget yang dimiliki ditambah bunga yang sangat rendah mulai dari bunga 0 % serta tenor / masa kredit sampai 5 tahun.
Sales Executive kami siap membatu anda untuk preses pembelian secara kredit dengan layanan antar jemput data dan sales executive kami akan membantu data kredit anda supaya bisa bisa disetujui oleh perusahaan leasing atau bank.

Rabu, 17 Desember 2014

Solar Mitsubishi Pajero Sport



Mitsubishi pajero sport menggunakan bahan bakar bensin dan solar, dalam hal ini saya akan membahas bahan bakar jenis solar yang umumnya ada dipasaran baik yang digunakan untuk mobil ataupun solar yang digunakan untuk industri, semoga bisa menambah wawasan kita dalam pengetahuan seputar bahan bakar solar khususnya yang ada di Indonesia.

Pengertian Solar

Solar adalah hasil dari pemanasan minyak bumi antara 250-340°C, dan merupakan bahan bakar mesin diesel. Solar tidak dapat menguap pada suhu tersebut dan bagian minyak bumi lainnya akan terbawa ke atas untuk diolah kembali. Umumnya, solar mengandung belerang dengan kadar yang cukup tinggi. Kualitas minyak solar dinyatakan dengan bilangan setana.

Angka setana adalah tolak ukur kemudahan menyala atau terbakarnya suatu bahan bakar di dalam mesin diesel. Saat ini, Pertamina telah memproduksi bahan bakar solar ramah lingkungan dengan merek dagang Pertamina DEX© (Diesel Environment Extra).

Angka setana DEX dirancang memiliki angka setana minimal 53 sementara produk solar yang ada di pasaran adalah 48. Bahan bakar ramah lingkungan tersebut memiliki kandungan sulfur maksimum 300 ppm atau jauh lebih rendah dibandingkan solar di pasaran yang kandungan sulfur maksimumnya mencapai 5000 ppm.
• Kegunaan Minyak Solar antara lain:
-Digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin diesel pada kendaraan bermotor seperti bus, truk, kereta api dan traktor .
-Memproduksi uap
-Mencairkan hasil peridustrian
-Membakar batu
-Mengerjakan panas dari logam

Sifat utama dari bahan bakar Diesel / Solar
Bahan bakar diesel biasa juga disebut light oil atau solar, adalah suatu campuran dari hydrocarbon yang telah di distilasi setelah bensindan minyak tanah dari minyak mentah pada temperatur 200 sampai340. Sebagian besar solar digunakan untuk menggerkkan mesin diesel.
• Bahan bakar diesel mempunyai sifat utama , yaitu :
*   Tidak berwarna atau sedikit kekuning-kuningan dan berbau.      
*   Encer dan tidak menguap dibawah temperatur normal.      
*   Mempunyai titik nyala tinggi (40 C-100 C).      
*  Terbakar spontan pada 350, sedikit dibawah temperatur bensin yangterbakar sendiri sekitar .     
*   Mempunyai berat jenis 0,82-0,86.   
*   Menimbulkan panas yang besar (sekitar 10.500 kcal/kg).     
*   Mempunyai kandungan sulfur lebih besar dibanding bensin.
*   Memiliki rantai Hidrokarbon C14 s/d C18.

Nomor Cetane(Cetane Number)


Nomor cetane atau tingkatan dari solar adalah satu cara untuk mengontrol bahan bakar solar dalam kemampuan untuk pencegah terjadinya knocking. Tingkatan yang lebih besar memiliki kemampuan yang lebih baik. Ada dua skala indek untuk mengontrol kemampuan solar untuk mencegah knocking dan mudah terbakar yaitu cetane index dan diesel index.

Minimal tingkatan cetane yang dapat diterima untuk bahan bakar yang digunakan untuk engine diesel kecepatan tinggi umumnya 40-45. Oleh karena, itu engine diesel perbandingan kompresinya (15:1-22:1) lebih tinggi daripada engine bensin(6:1-12:1) dan juga engine diesel dibuat dengan kontruksi yang jauh lebih kuat dari pada engine bensin.

Perbedaan Bahan Bakar Untuk Mesin Diesel Dengan Mesin Besin

Perbedaan antara bahan bakar diesel dengan bahan bakar bensin yang nyata adalah terletak pada proses pembakaran bahan bakar. Maka dari itu,untuk sebuah mesin kendaraan atau alat berat yang beroperasi dengan menggunakan tenaga diesel, pasti membutuhkan bahan bakar diesel yang kandungannya tersebut harus disesuaikan dengan jenis kendaraan atau apapun itu yang penting menggunakan mesin diesel. 

Pada mesin bensin pembakaran bahan bakar terjadi karena adanya loncatan api listrik yang dihasilkan oleh dua elektroda busi (spark plug), sedangkan pada mesin diesel pembakaran terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala.

Jenis- Jenis Bahan Bakar Mesin Diesel
Untuk jenis bahan bakar untuk mesin diesel mempunyai beberapa jenis dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan untuk mesin diesel yang digunakan. Menurut informasi dari Kementrian Pendidikan Nasional dalam website, bahwa jenis bahan bakar untuk mesin diesel dibedakan menjadi sebagai berikut :

High Speed Diesel (HSD)

Solar HSD ini mempunyai angka performa cetane number 45, jenis solar ini biasanya dipakai untuk kegiatan transportasi mesin diesel yang umum digunakan dengan system injeksi pompa mekanik (injection pump) dan electronic injection, solar ini di gunakan untuk kendaraan bermotor transportasi dan mesin industri

MFO (Marine Fuel Oil)

Minyak Bakar bukan merupakan produk hasil destilasi tetapi hasil dari jenis residu yang berwarna hitam. 

Minyak jenis ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi dibandingkan minyak diesel. Pemakaian BBM jenis ini umumnya untuk pembakaran langsung pada industri besar dan digunakan sebagai bahan bakar untuk steam power station dan beberapa penggunaan yang dari segi ekonomi lebih murah dengan penggunaan minyak bakar.

Minyak Bakar (MFO)

Minyak bakar atau marine fuel oil bukan merupakan hasil destilasi (pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi berdasarkan perbedaan titik didihnya) tetapi hasil dari jenis residu yang berwarna hitam. Minyak jenis ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi dibandingkan minyak diesel.

Biodiesel

Biodiesel merupakan bahan bakar yang cukup baik sebagai sumber bahan bakar pengganti karena dapat terbarukan (renewable). Bahan ini adalah hasil reaksi asam lemak dengan metil alkohol membentuk senyawa metil ester. Biodiesel merupakan bahan bakar yang tidak beracun, karena lebih mudah diurai secara alami, menghasilkan karbon monoksida dan hidrokarbon yang relatif rendah. Hal yang menarik dari biodiesel adalah memiliki kualitas yang memenuhi seluruh persyaratan bahan bakar diesel.

Jenis Bahan Bakar ini merupakan alternatif bagi bahan bakar diesel berdasar-petroleum dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak nabati atau hewan. Secara kimia, ia merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak. Jenis Produk yang dipasarkan saat ini merupakan produk biodiesel dengan campuran 95 persen diesel petroleum dan mengandung 5 persen CPO yang telah dibentuk menjadi Fatty Acid Methyl Ester (FAME)

Pertamina Dex

Pertamina Dex Adalah bahan bakar mesin diesel modern yang telah memenuhi dan mencapai standar emisi gas buang EURO 2, memiliki angka performa tinggi dengan cetane number 53 keatas, memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm, jenis BBM ini direkomendasikan untuk mesin diesel teknologi injeksi terbaru (Diesel Common Rail System), sehingga pemakaian bahan bakarnya lebih irit dan ekonomis serta menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Diesel Oil (IDO)

Minyak Diesel adalah hasil penyulingan minyak yang berwarna hitam yang berbentuk cair pada temperatur rendah. Biasanya memiliki kandungan sulfur yang rendah dan dapat diterima oleh Medium Speed Diesel Engine di sektor industri. Oleh karena itulah, diesel oil disebut juga Industrial Diesel Oil (IDO) atau Marine Diesel Fuel (MDF).

Bahan bakar ini merupakan bakar mesin diesel modern yang memiliki cetane number 53 dan memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm. Jenis bahan bakar ini direkomendasikan untuk mesin diesel dengan sistem injeksi coomonrail. Sistem common rail adalah sebuah tube bercabang dengan katup injektor yang dikendalikan oleh komputer, dimana masing-masing tube tersebut terdiri atas nozzle mekanis yang sangat presisi dan sebuah plunger yang dikedalikan oleh solenoid dan actuator piezoelectric.

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai apa itu solar dan jenisnya, sekarang anda bisa menentukan sendiri jenis solar apa yang akan anda gunakan untuk mobil mitsubishi pajero sport yang anda miliki, jika anda ingin menghemat maka bisa menggunanak solar dengan jenis terendah yaitu biosolar, tapi jika anda ingin mendapatkan performance yang terbaik dari mobil Mitsubishi pajero sport anda akan lebih baik jika anda mengunakan solar dengan kualitas terbaik yaitu pertamina dex dan sejenisnya.

Bagi anda muda sedang mencari kendaraan truck Mitsubishi maka Mitsubishi Colt Diesel adalah kendaraan yang bisa menjadi pilihan untuk kemajuan bisnis anda.