Rabu, 19 Februari 2014

Tips Mengemudi Mitsubishi Pajero Sport di Jalan Tanjakan


Mengemudikan mitsubishi pajero sport di jalan mendaki atau tanjakan merupakan hal yang sangat ditakuti oleh seorang pengemudi pemula. Karena situasi memang cukup sulit, apalagi di kala macet, tentunya membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar mobil mitsubishi pajero sport anda tidak mundur atapun menabrak mobil lain yang ada di belakangnya. Agar hal buruk tidak terjadi pada Anda, berikut tips mengemudi mobil pajero sport di jalan tanjakan :

-  Sesuaikan gigi persneling mitsubishi pajero sport yang digunakan dengan tanjakan yang dilewati. Biasanya untuk tanjakan tidak terlalu curam gigi pernseling 2-3 masih bisa digunakan. Apalagi tanjakan cukup tajam gunakan persneling 1.

- Apabila pajero sport anda harus berhenti di tengah tanjakan, Ada 2 teknik yang bisa digunakan: stop dengan menggunakan rem tangan, stop dengan menggunakan rem kaki dan stop dengan setengah kopling yatu kombinasi antara gas dan kopling.
 
- Stop dengan teknik rem tangan biasanya digunakan untuk stop dengan waktu lama dan tanjakan yang cukup tinggi. Tekniknya adalah dengan menarik tuas rem tangan dan pindahkan persneling ke posisi netral. Apabila ingin jalan kembali, pindahkan persneling ke gigi satu, tekan pedal gas, lepas kopling perlahan sampai mobil pajero sport bergerak, dan turunkan rem tangan secara perlahan. Hal ini bertujuan agar mobil mitsubishi pajero sport anda tidak mundur sedikitpun.

- Stop dengan teknik rem kaki dipakai untuk stop dengan waktu sebentar pada tanjakan yang tidak terlalu tinggi.. Caranya dengan menekan pedal kopling dan pedal rem kaki untuk menghentikan mobil mitsubishi pajero sport anda. Apanila ingin berjalan kembali, angkat pedal kopling perlahan sampai terasa mobil pajero sport bergetar atau jalan. Dan lepas rem kaki perlahan dan injak pedal gas sampai berjalan normal.

- Stop dengan teknik setengah kopling digunakan pada situasi jalan mengharuskan kita berhenti dalam waktu cukup singkat pada tanjakan tidak tinggi. Tekniknya adalah dengan menghentikan laju mobil pajero sport dengan menekan pedal kopling dan menahan pedal gas sampai mobil pajero sport berhenti. Apabila ingin jalan, lepaskan atau angkat pedal kopling perlahan, sambil menekan pedal gas. Kekurangan dari teknik ini adalah boros bahan bakar dan kanvas kopling cepat habis.
Semua teknik ini perlu dilatih agar mendapatkan feel dalam mengendarai mobil mitsubishi pajero sport, terutama kombinasi kopling dan gas yang harus disesuaikan agar kopling tidak cepat habis dan boros bahan bakar.

Semoga tips dan teknik mengemudi mobil mitsubishi pajero sport di tanjakan ini bisa bermafaat bagi Anda semua.



promo mitsubishi pajero sport dakar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar